Apakah Saya Sehat dan Bahagia Maksimal?

Stress Management by DF Clinic

Introduction

Stress adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar. Definisi stress adalah sebuah respons tubuh terhadap segala bentuk kebutuhan atau ancaman baik itu realita atau imaginer , system pertahanan tubuh kita scr otomatis dgn cepat berpindah ke kondisi melawan atau bertahan (fight or flight) yg dikenal dengan respons stress.

Stress tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Sebagai contoh, banyak profesional memandang tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka.

Stres bisa positif dan bisa negative. Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan. Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

Beberapa ahli mendefinisikan stres sebagai:

  • Respon non spesifik dari tubuh di setiap tuntutan.
  • Suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai sesuatu kesempatan di mana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.
  • Adanya ketidakseimbangan antara tuntutan (fisik dan psikis) dan kemampuan memenuhinya. Gagal dalam memenuhi kebutuhan tersebut akan berdampak krusial.
  • Stres merupakan tanggapan seseorang, baik secara fisik maupun secara mental terhadap suatu perubahan di lingkungannya yang dirasakan mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam.

Stress Managemen merujuk pada berbagai tekhnik yang sangat bervariasi dan obat obatan dengan tujuan membantu seseorang mengendalikan kadar stress nya, terutama stress kronis yg bertujuan untuk peningkatan kualitas dan fungsi hidup nya kembali.

Stress managemen dengan obat biasa di berikan oleh dokter spesialis psikiatri, stress managemen dari DF adalah tanpa obat, memanfaatkan kemampuan dan kecerdasan alamiah tubuh dan otak kita utk mengendalikan dan melepaskan beban stress dan trauma, menggunakan banyak tekhnik untuk memilah dan menscreening melalui sidik jari, kemudian senam utk melepas trauma di masa lalu, membenahi trauma di masa kini dengan BG, mencegah trauma di masa dengan dengan BG dan memperbaiki kerusakan mental dengan Energy and Mindset Reprograming (EMR)

Stress managemen yang tepat dapat memperbaiki kerusakan tubuh dan mental akibat tekanan/ trauma berkepanjangan baik dr masa lampau ataupun sekarang dengan tujuan peningkatan kualitas hidup.

Trauma Release Exercise

Tubuh kita dilengkapi kecerdasan yang memungkinkan utk self healing dalam kondisi apapun, sayang nya ada kondisi dimana self healing ini dapat di off kan , salah satu nya adalah timbunan stress dan emosi negative.

Kecerdasan tubuh kita ini sudah kita miliki, yang diperlukan hanyalah diingat dan di latih agar selalu lancar. Kenapa pada saat kita sangat ketakutan tubuh kita bergetar menggigil, kenapa pada saat kesakitan hebat tubuh kita bergetar menggigil. Itu adalah respons alamiah kita utk bertahan dan meredakan stress, kemampuan alami ini dapat di latih dan di pergunakan untuk mengendalikan stress dan menjaga kesehatan kita.

Kerusakan yang terjadi apabila stress adalah terhentinya kemampuan healing alami tubuh dan ini sangat mampu membuat orang tubuh kita rusak, kesehatan terganggu, pain, mental drop, depresi, cemas, gangguan kepribadian itu sangat mungkin terjadi. Karena seluruh system kita dikendalikan oleh otak dan apabila stress dibiarkan seluruh system yg dikendalikan otak akan terganggu.

Mari bersama kita memulai hidup lebih sehat

Finger Print for Screening

Knowing self

Berbagai cara yg ditawarkan kepada kita untuk menghandle stress di kehidupan sehari-hari. Masalah-masalah yg timbul di dunia ini tidak pernah berubah. Mekanisme manusia menghadapi stress selalu sama sehingga bisa dikelompokkan berdasarkan ciri2 symptom yg muncul. Apakah kita mengetahui cara yg tepat bagi diri kita sendiri? Stress Management Program menawarkan cara pengenalan diri agar kita mengenal mekanisme kerja otak (Brain Ways) secara genetis. Kita akan mendapatkan peta kerja otak melalui analisa sidik jari(Finger print Analysis). Dengan melakukan stress managemen screening ini kita dapat mengetahui apakah penyebab stress dari dalam diri kita atau dari luar diri kita. Sehingga dengan mudah kita menentukan program stress managemen manakah yg tepat untuk menangani diri kita.

Brain Gym to move beyond limit

Setelah kita mengenal cara kerja otak (Brain Ways) kita, kita akan jauh lebih mudah meminimalisir stress yg muncul dari dalam diri kita. Ada berbagai cara yg bisa kita lakukan agar kita selalu dalam kondisi equilibrium (Balance). Salah satu program yg ditawarkan dari stress management program kami adalah senam otak (Brain Gym). Brain Gym lebih menangani keadaan kita sekarang untuk menghadapi situasi dihadapan kita. Brain Gym akan melakukan 26 gerakan dasar/ body movement yg dapat mengintegrasikan kecerdasan otak agar otak menjadi dinamis (Dynamic Brain)sehingga badan selalu dalam kondisi balance dalam berbagai setting situasi. Manfaat dari Brain Gym adalah membalancekan otak agar menjadi dinamis sehingga seluruh aktifitas badan dapat dilakukan dengan positive, active, clear dan energetic. Dengan Brain Gym kita juga dapat membantu di berbagai setting spt pendidikan, perusahaan, pribadi, dll agar tercapai goal yg kita inginkan kemudian Brain Gym sangat bermanfaat untuk berbagai kalangan usia.

ENERGY and MINDSET RE-PROGRAMMING

Stress adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini , dan Stress dapat bermula dari tuntutan beban hidup yang semakin tinggi, ketidak seimbangan pola berpikir antara dimensi modern dan lama , konflik rumah tangga dll.

Dampak dari stress dapat menyebabkan :

  1. Stress adalah penyebab dari 70-95% penyakit.
  2. Stress dapat menciutkan otak
  3. Stress menurunkan efisiensi
  4. Stress dapat merusak gen

Masyarakat Modern tidak akan dapat menghindari ketegangan dan sebaiknya tidak usah menghindari stress yang ada , yang diperlukan hanya pola mengolah diri , pola menggunakan ketegangan dan kegelisahan secara efektif dan efisien.

Stress yang ringan dan moderat, dapat memicu masyarakat untuk bekerja dengan lebih baik dengan mengolah energi stress untuk berkarya dengan lebih baik , yang hasilnya adalah dampak positif memperkuat sistem tubuh secara keseluruhan tetapi bukan dengan metode pemberdayaan diri

ENERGI dan MIND REPROGRAMMING ( EMR )

ENERGY dan MIND REPROGRAMMING  adalah Kebutuhan Manusia Modern , bersifat tidak memberikan pengetahuan kognitif tentang stress semata , tetapi memberikan solution – based yang nyata, praktis, dan aplikatif untuk mengelola stress menjadi energi kreatif.

Pengetahuan tentang Stress dan korelasinya dengan Kesehatan Holistik, Kesuksesan Total, dan Kebahagiaan Sejati.

Metode khusus pengelolaan stress berbasis Transpersonal Psychology , Energi Tubuh , Pola Bangun Alam Sadar dan Bawah Sadar , EFT , Senam Singkat , Meditasi membuat semua stress menjadi pola yang sangat indah dalam kehidupan manusia modern

Manfaat yang didapatkan:

  1. Dampak kesehatan holistik ( fisik – mental – emosional )
  2. Meningkatkan produktivitas, efisiensi, kreativitas
  3. Dampak positif bagi kinerja organisasi

Fasilitator :

  1. Fasilitator yang membawakan program berbasis Transpersonal Psychology / Hypnotherapy / Psychotherapy
  2. Fasilitator bukanlah Motivator , Seluruh fasilitator adalah praktisi yang telah mempraktekkan metode / latihan dalam program selama bertahun-tahun dan telah membuktikan manfaatnya.

Apa itu fisioterapi ?

  • Dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 65 tahun 2015 fisioterapi didefinisikan sebagai bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, dan komunikasi.
  • Tujuan utama dari pelayanan fisioterapi adalah untuk memelihara, memulihkan dan meningkatkan semaksimal mungkin gerak normal tubuh dan kemandirian pasien. Untuk mencapai tujuan tersebut, fisioterapi menggunakan berbagai bentuk latihan gerak, penggunaan elektroterapi, terapi pemanasan dan massage.
  • Sebagai tenaga kesehatan profesional, fisioterapis bisa bekerjasama dengan baik dengan dokter Anda. Jika Anda tengah mengalami cedera, baru saja menjalani operasi atau sedang menderita suatu penyakit yang mengakibatkan gangguan gerak dan kesulitan beraktifitas sehari-hari, Anda dapat meminta dokter Anda untuk merujuk ke fisioterapi.
  • Fisioterapis dapat menerima rujukan dari dokter pribadi, dokter spesialis saraf, orthopedi , bedah, penyakit dalam, spesialis paru, spesialis jantung dan spesialis rehabilitasi.

Layanan Stress Management DF Clinic

  1. Stress Management Screening by Damma S Pane
  2. Workshop Trauma Realese, Group/Private by Senjaya Irawan
  3. Workshop Brain Gym, Private by Damma S Pane
  4. Workshop ENERGY and MINDSET RE-PROGRAMMING, Private by Agus Hanafi
  5. Fisiotherapy, Pain Management by Furqon Jaya Wicaksono